Selasa, 09 Agustus 2011

Musik Untuk Pengantar Pembelajaran

Beberapa waktu lalu saya sempat membaca bukunya pak Munif Chatib, Gurunya Manusia. Buku yang sangat bagus bagi saya, saya mendapatkan beberapa pencerahan tentang hakikat seorang guru yang sesungguhnya. Meskipun banyak sekali falsafah dan prinsip yang belum dapat atau belum saya aplikasikan dalam aktivitas saya sebagai guru.



Di antara beberapa referensi bagus yang saya ketahui adalah soal musik yang dapat dijadikan pengantar, pengiring, saat proses belajar mengajar (PBM) berlangsung mulai dari siswa masuk sampai pelajaran berakhir. Menurut saya musik memang bisa bermanfaat untuk mengeliminir suara bising yang kontraproduktif dengan aktivitas belajar. Apalagi jika di setiap kelas tersedia alat pengeras suara (meskipun diperdengarkannya tidak perlu keras) yang memadai untuk dijadikan media bagi siswa untuk enjoy dalam ruang belajarnya. Semoga ruang kelas di sekolah-sekolah mau menyediakan, toh biaya tidak perlu mahal. Kalau tidak sanggup guru dapat memanfaatkan speaker hp-nya untuk dijadikan pengganti alat tersebut. Untuk hp saya merekomendasikan hp lokal (atau made in China) yang biasa memiliki speaker yang cukup nyaring, dan harganya jelas cukup terjangkau.



Berikut kutiban dari buku tersebut:



1. Siswa masuk kelas:



- Sonata for two Pianos in D by Mozart

– Paganini for two by Nicoa Paganini

– The Universal (The Great Escape) by Blur



2. Saat PBM berlangsung:



* Saat Guru presentasi:

- Canon in D by Johan Pachelbel

– Adagio in G minor by Tomaso Albioni

– Symphony No 38 by Mozart

– Overtime (Guaranteed) by Mark King and Group



* Saat Siswa melakukan aktivitas:

- Mediterrano (The Seventh Heaven) by GOVI

– Rising in Love (The Seventh Heaven) by GOVI

– Walking on Clouds (The Seventh Heaven) by GOVI



* Saat siswa melakukan relaksasi

- Nocturne in E Flat Major by Frederic Chopin

– Pachelbel’s Canon in D by Mountain Picture

– Symphony no 6 by Ludwig Van Beethoven

– The Four Season by Antonio Vivaldi

– Water music by George Friedrich Handel



3. Saat PBM selesai



- We are the Champion by Queen

– Theme Tube to the Lion King

– Celebration by Fun Factory



Selain yang direkomendasikan katanya banyak lagi musik-musik yang dapat dipilih untuk dijadikan pengiring PBM. Kalau soal musik saya blank sama sekali, bagaimana memilih musik yang pas yang sesuai dengan aktivitas belajar siswa. Barang kali ada rekan pembaca bisa memberikan referensi untuk menentukan pilihan, dan syukur-syukur ada yang memberikan link gratis musik-musik yang saya maksud.



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.