Sabtu, 30 Juli 2011

Manfaat Senam Otak

Brain gym (Senam Otak) adalah program pelatihan yang dikembangkan oleh prof. paul E.Dennison,PhD dan Gail E. Dennison sejak tahun 1970. Awalnya program ini dirancang untuk mengatasi gangguan belajar pada anak-anak dan orang dewasa. Dasar pemikirannya ,belajar adalah kegiatan alami dan menyenangkan yang dilakukan sepanjang hidup. Kesulitan belajar biasanya berasal dari ketidakmampuan mengatasi stres dan keraguan dalam menghadapi tugas baru.
Brain gym atau senam otak adalah suatu metode yang dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi otak. senam otak dilakukan dengan gerak tubuh yang tertentu sehingga menimbulkan rangsangan pada saraf dan sel-sel otak. Gerakan itu meliputi gerakan tangan , kaki, kepala dan ada juga dengan cara menggambar angka 8 yang diulang-ulang. Setiap gerakan di berbagai anggota tubuh memiliki fungsi yang berbeda. Dan hasilnya sangat mengejutkan, kemampuan berfikir, daya tahan otak dan sebagainya. Semua itu akan dapat dirasakan bagi orang yang melakukan senam otak secara rutin dan teratur. Meski semua gerakan itu terkesan aneh tetapi semuagerakan ini tidak boleh diremehkan karena begitu besar manfaatnya.


Berikut manfaat senam otak:
1. Memungkinkan belajar dan bekerja tanpa stres.
2. Dapat dipakai dalam waktu singkat (kurang dari 5 menit).
3. Tidak memerlukan bahan atau tempat khusus.
4. Dapat dipakai dalam semua situasi termasuk saat belajar/bekerja.
5. Meningkatkan kepercayaan diri.
6. Menunjukkan hasil dengan segera.
7. Dapat dijelaskan secara neurofisiologi: “why learning is not all in your head”
8. Sangat efektif dalam penanganan seseorang yang mengalami hambatan dan stres belajar.
9. Memandirikan seseorang dalam hal belajar, dan mengaktifkan seluruh potensi
dan keterampilan yang dimiliki seseorang.
10. Diakui sebagai salah satu tehnik belajar yang paling baik oleh National Learning Foundation USA, dan sudah tersebar luas di lebih dari 80 negara



Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.