Sabtu, 30 Juli 2011

Senam Otak untuk Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Otak juga seperti tubuh, oleh karena itu kita perlu merawat dan memperlakukannya dengan benar, jadi ketika kita ingin mendapatkan kesegaran otak tidak jauh berbeda dengan bagaimana menjaga kesegaran tubuh karena tubuh dan otak saling berkaitan, salah satu cara adalah dengan senam otak.

Dari segi fungsi, otak yang terdiri dari dua belahan kiri dan kanan itu seolah memiliki tiga dimensi yang saling berhubungan. Dengan mengoptimalkan penggunaan seluruh bagian ini, fungsi otak dapat dioptimalkan.Salah satu cara mengoptimalkan penggunaan semua dimensi otak adalah dengan gerakan senam otak.

Senam otak adalah serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana. Gerakan itu dibuat untuk merangsang otak kiri dan kanan (dimensi lateralitas); meringankan atau merelaksasi belakang otak dan bagian depan otak (dimensi pemfokusan); merangsang sistem yang terkait dengan perasaan/emosional, yakni otak tengah (limbis) serta otak besar (dimensi pemusatan).

Anda bisa melakukannya lewat gerakan sederhana sambil melakukan kegiatan sehari-hari, seperti sambil menonton televisi dan kegiatan rumah lainnya,. meski sederhana senam otak mampu memudahkan kegiatan belajar dan melakukan penyesuaian terhadap ketegangan, tantangan, dan tuntutan hidup sehari-hari.

Senam otak bisa dilakukan oleh semua kelompok umur ada senam otak anak maupun senam otak lansia.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.