Sabtu, 22 Oktober 2011

Tinjauan tentang Hasil Belajar

Disamping ditinjau dari segi proses, keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari segi hasil. Asumsi dasar adalah proses pembelajaran yang optimal memungkinkan hasil belajar yang optimal pula. Ada korelasi antara proses pembelajaran dengan hasil yang dicapai. Makin besar usaha untuk menciptakan kondisi proses pembelajaran, maka makin tinggi pula hasil atau produk dari pembelajaran tersebut (Widjaja, 1987).
1. Menentukan keberhasilan Pembelajaran Siswa
a. Dari segi perubahan tingkah laku secara menyeluruh (komprehensif) yang terdiri dari unsur kognitif, afektif dan psikomotorik.
b. Dari segi daya guna pengaplikasian dalam kehidupan siswa, terutama dalam pemecahan masalah yang dihadapinya.
c. Dari segi pemahaman materi atau konsep yang diberikan (Widjaja, 1987:58).


2. Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu :
a. Faktor dari dalam diri siswa
Faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai, seperti yang dikemukakan oleh Clark (1981:12) bahwa hasil belajar di sekolah 70 % dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30 % dipengaruhi oleh lingkungan. Selain faktor kemampuan, juga ada faktor lain seperti motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis (Sudjana, 2000:70).

b. Faktor lingkungan
Salah satu lingkungan belajar yang paling dominan mempengaruhi hasil di sekolah adalah kualitas pembelajaran yaitu tinggi rendah atau efektif tidaknya proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran, ada tidaknya fasilitas atau alat, termasuk laboratorium dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu hasil belajar di sekolah dipengaruhi olek kemampuan siswa dan kualitas pembelajaran (Sudjana, 2000:71).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.