Sabtu, 29 Oktober 2011

Prinsip-prinsip Manajemen

Prinsip Adalah suatu pernyataan atau suatu kebenaran pokok yang memberikan petunjuk kepada pemikiran atau tindakan yang akan diambil. Prinsip merupakan dasar atau landasan untuk bertindak, akan tetapi juga bukan sesuatu yang mutlak.
Prinsip utama dari manajemen ialah efisiensi (daya guna) dan efektifitas (hasil guna) dalam mencapai hasil atau tujuan yang direncanakan. Untuk mencapai hasil yang efektif dan evisien maka dalam prosaes manajemen mengenal beberapa prinsip. Dalam hal ini Fayol mengemukakan 14 prinsip manajemen yaitu sebagi berikut;

a. Devision of Work (Pembagian kerja sesuai spesialisasinya)
b. Authority and Responsibility (Menjalankan tugas dan wewenang sesuai dengan pembagian masing-masing).
c. Discipline
d. Unity of Command (Kesatuan perintah)
e. Unity of Direction (kesatuan arah/tujuan)
f. Subordination of Individual to General Interest (lebih mengutamakan kepentingan organisasi dari pada kepentingan pribadi ).
g. Ramuneration (pemberian imbalan/kompensasi sesuai dengan hak).
h. Centralization (kekuasaan tertinggi di tangan manajer).
i. Scalar Chain atau hierarchy (hubungan tingkat kekuasaan, mulai dari paling atas sampai paling bawah).
j. Order (menempatkan setiap individu sesuai dengan posisinya).
k. Equity (bertindak adil dan seimbang terhadap segala sesuatu).
l. Stability of tenure (stabilitas jabatan atau pekerjaan. Setiap orang punya pertimbangan sendiri demi kesuksesan pekerjaannya).
m. Initiative (bawahan diberi kebebasan berinisiatif tentang pekerjaannya).
n. Esprit de Corps (munculkan rasa kebanggaan terhadap korp/organisasi).

Dari beberapa prinsip tersebut diatas bukanlah sesuatu yang mutlak untuk dilakukanss, bahkan Kast dan Rosenzweigh setuju dengan pendapatnya Fayol bahwa prinsip-prinsip tersebut adalah fleksibel dan dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.