Sabtu, 22 Oktober 2011

Pengertian Biologi

Istilah Biologi berasal dari kata Yunani, yaitu bios yang berarti kehidupan dan logos yang berarti pengetahuan. Oleh karena itu, Biologi berarti ilmu pengetahuan tentang kehidupan. Kehidupan adalah bagian dari alam, sehingga Biologi adalah bagian dari ilmu alam (Sains). Objek kajian Biologi adalah mempelajari tentang kehidupan pada berbagai tingkatan organisme. Tingkatan organisme kehidupan tersebut meliputi sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem bahkan juga tingkatan yang lebih tinggi yaitu Biosfer (Aryulina Diah, Dkk. 2004:5).

Biologi mencakup berbagai bidang yang merupakan cabang-cabang Biologi. Contoh cabang Biologi yang mempelajari berbagai tingkat organisme kehidupan adalah sebagai berikut; Genetika: ilmu yang mempelajari gen, Sitologi: ilmu yang mempelajari sel, Histologi: ilmu yang mempelajari jaringan, Morfologi: ilmu yang mempelajari struktur luar organisme, Anatomi: ilmu yang mempelajari struktur dalam organisme, Fisiologi: ilmu yang mempelajari proses kehidupan organisme, Taksonomi: ilmu yang mempelajari klasifikasi organisme, Ekologi: ilmu yang mempelajari hubungan organisme dengan lingkungannya, Evolusi: ilmu yang mempelajari asal usul kehidupan dan perubahan organisme dari waktu ke waktu (Aryulina Diah, Dkk. 2004:6).

Cabang-cabang Biologi lainnya didasarkan pada kelompok organisme yang dipelajari, baik kelompok besar maupun kelompok yang lebih spesifik.

Bologi adalah bidang ilmu yang menarik dan penting untuk dipelajari. Dengan mempelajari Biologi kita tidak saja memperoleh pengetahuan tentang makhluk hidup, namun juga pengetahuan tentang metode memperoleh ilmu pengetahuan tersebut. Pengetahuan tentang makhluk hidup dimanfaatkan untuk memecahkan berbagai masalah guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Berbagai masalah yang berkaitan dengan pangan , sandang, papan, energi, lingkungan bahkan sosial dapat diatasi dengan Biologi. Sebagai contoh, masalah dalam bidang sosial misalnya menentukan orang tua dan keturunannya dapat dibantu dengan pengetahuan tentang DNA yang dipelajari dalam Genetika. Genetika juga berperan dalam penanggulangan dan pemecahan berbagai penyakit. Masalah lingkungan dapat ditanggulangi dengan menerapkan pengetahuan dalam bidang Ekologi. Berkembangnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dapat ditanggulangi dengan mengetahui karakteristik virus yang dipelajari dalam Virology (Aryulina Diah, Dkk. 2004:6).

Orang yang mempelajari Biologi disebut ilmuwan Biologi. Ilmuwan Biologi memperoleh ilmu pengetahuan tidak saja dengan cara membaca, namun juga menyelidiki organisme dan fenomena kehidupan secara langsung. Penyelidikan tersebut dilakukan dengan cara yang sistematis yang disebut metode ilmiah dan disertai dengan sikap ilmiah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.