Senin, 24 Oktober 2011

Tujuan Cooperative Learning

Tujuan dari CL adalah menciptakan situasi dimana keberhasilan individu ditentukan atau dipengaruhi oleh keberhasilan kelompoknya. Model CL ini dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting, yaitu:
a. Hasil belajar akademik
Meskipun CL mencakup beragam tujuan sosial, juga bertujuan memperbaiki prestasi siswa atau tugas-tugas akademis penting lainnya. Beberapa penelitian dari tokoh-tokoh CL, membuktikan bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit dan dapat meningkatkan nilai siswa pada belajar akademik. CL juga memberi keuntungan baik pada siswa kelompok bawah maupun kelompok atas yang bekerja bersama menyelesaikan tugas-tugas akademik.

b. Penerimaan terhadap perbedaan individu
Tujuan lain CL adalah penerimaan secara luas dari orang-orang yang berbeda berdasarkan ras, budaya, kelas sosial, kemampuan dan ketidakmampuannya. CL memberi peluang bagi siswa dari berbagai latar belakang dan kondisi untuk bekerja dengan saling bergantung pada tugas akademik dan melalui penghargaan kooperatif siswa akan belajar menghargai satu sama lain.

c. Pengembangan ketrampilan sosial
Tujuan ketiga adalah mengajarkan kepada siswa ketrampilan bekerja sama dan kolaborasi. Ketrampilan-ketrampilan sosial penting dimiliki olah siswa sebagai bekal untuk hidup dalam lingkungan sosialnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.