Selasa, 21 Februari 2012

Memacu Kemampauan Guru Menulis

Kalangan Guru hendaknya mulai membiasakan menulis bila perlu jadikan menulis sebagai keahlian, sebab mulai 2013 kemampuan menulis akan berpengaruh besar untuk jenjang kenaikan kepangkatan dan gologan guru. Menulis bagian kategori pengembangan profesi yang termasuk dalam unsur utama seperti yang diamanhkan Permenpan No.16/2009. Karya tulis Guru ada poinnya untuk menunjang kenaikan pangkat dan golongan. Macam-macamnya banyak bisa berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Karya Inovasi, Penemuan Teknologi Tepat Guna, Menulis Alat Peraga, Penulisan Buku, atau Karya Ilmiah yang dipublikasikan baik di media Massa maupun Internet. Hal tersebut diungkapkan oleh  Prof. Abd. Salam salah satu pemateri pada acara pelatihan penghitungan angka kredit jabatan fungsional Guru.. 12/02/2012
Kegiatan yang berlangsung di aula UPTD Pendidikan Kecamatan Tanete Riattang kabupaten Bone dalam seminar sehari itu diikuti CPNS dan PNS yang rata-rata akan memasuki Golongan IIIA atau sudah IIIA menuju IIIB. Pemrakarsa kegiatan tersebut adalah Dinas Pendidikan Nasional (Diknas Kabupaten Bone. Beliau menambahkan 3 unsur utama yang dipertimbangkan pada kenaikan pangkat berdasarkan Permenpan 16/1993, Selain aspek pengembangan professi, ada Diklat (Ijazah) dan Profesi Belajar Mengajar (PBM). Unsur PBM meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisi hasil, dan program perbaikan serta pengayaan materi. Kalau mengacu permenpan baru (Permenpan 16/2009), unsur utama bobotnya 90% dan penunjang 10%. unsur penunjang itu seperti sertifikat mengikuti seminar atau kegiatan produktif lain tambahnya.
Sementara itu Sekretaris Disdik kabupaten Bone mengungkapkan sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman dan pengertian Guru dalam menghitung kredit poin. Kami menumbuhkan dengan membiasakan menulis materi-materi pelajaran yang baru disampaikan, ucapnya. .
(Jurnal Arung Palakka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.