Minggu, 09 Oktober 2011

Artikel Pendidikan: Pengertian Motivasi

Winkel (2005: 92) menjelaskan bahwa motivasi adalah keseluruhan daya penggerak psikis di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar demi mencapai suatu tujuan.

Menurut Usman (2004: 24) motivasi merupakan suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu. Menurut Dimyati dan Mudjiono (1994: 75) motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia termasuk perilaku belajar.

Selanjutnya motivasi merupakan daya penggerak yang menyebabkan seseorang melakukan sesuatu perbuatan dengan cara tertentu (Moeslichatoen,1992:2). Motivasi di kelas berpengaruh pada aktivitas belajar itu sendiri maupun pengaruhnya pada tingkah laku tersebut. Pendapat lain mengemukakan bahwa motivasi adalah "pendorongan" suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu (Purwanto, 1991:71).

Berdasarkan pengertian di atas, motivasi dapat pula diartikan sebagai suatu keseluruhan kekuatan dalam diri individu yang mendorong tingkah laku seseorang untuk melakukan sesuatu yang lebih dibanding yang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Uraian tersebut menggambarkan bahwa motivasi belajar memegang peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan belajar seseorang, karena motivasi belajar merupakan suatu energi yang menggerakkan siswa untuk belajar dan sesuatu yang mengarahkan tingkah laku atau aktivitas siswa kepada tujuan belajar, dan peranannya yang lain yaitu menumbuhkan gairah, merasa senang dan semangat belajar.

Seperti yang dikemukakan oleh beberapa ahli, berikut ini adalah ciri-ciri siswa yang memiliki motivasi belajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.