Sabtu, 15 Oktober 2011

Ciri dan Prinsip Belajar

A. Ciri-ciri Belajar
Dari beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai belajar nampak adanya beberapa cirri-ciri belajar yaitu,
1. Belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkahlaku (change behavior). Ini berarti bahwa hasil dari belajar hanya dapat diamati dari tingkahlaku yaitu adanya perubahan tingkahlaku, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak terampil menjadi terampil, dan lain sebagainya. Tanpa pengamatan dari tingkahlaku hasil belajar kita tidak dapat mengetahui ada tidaknya hasil belajar. Karena perubahan hasil belajar hendaknya dinyatakan dalam bentuk yang dapat diamati.
2. Perubahan perilaku relative permanent, ini diartikan bahwa perubahan tingkah laku yang terjadi karena belajar untuk waktu tertentu akan tetap atau tidak berubah-berubah, akan tetapi dilain pihak tingkahlaku tersebut tidak akan terpancang seumur hidup.
3. Perubahan tingkah laku tidak harus segera dapat diamati pada saat proses belajar sedang berlangsung, perubahan prilaku tersebut bersifat potensial.
4. Perubahan tingkahlaku merupakan hasil latihan atau pengalaman.
5. Pengalaman atau latihan itu dapat memberi penguatan. Sesuatu yang memperkuat memberikan semangat atau dorongan untuk mengubah tingkah laku.

B. Prinsip-prinsip
Didalam tugasnya melaksanakan proses belajar mengajar, seorang guru perlu mengingat beberapa prinsip-prinsip belajarl sebagaimana yang disebutkan (Davis (1971 dalam Soekmtao dan Winataputra,1997) sebagai berikut;
1. Apapun yang dipelajari siswa, dialah yang harus belajar bukan oang lain. Untuk itu siswalah yang harus bertindak aktif.
2. Setiap siswa belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya
3. siswa akan dapat belajar dengan baik bila mendapat peguatan langsung pada setiap langkah yang dilakukan selama proses belajar.
4. Penguasaan yang sempurna dari setiap langkah yang dilakukan siswa akan membuat proses belajar lebih berarti.
5. Siswa akan lebih meningkat motivasinya untuk belajar apabila ia diberi tanggungjawab serta kepercayaan penuh atas belajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.