Minggu, 15 April 2012

Salam Redaksi

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Berdasarkan Permendiknas No 16 tahun 2007 tentang kompentensi guru disebutkan guru senantiasa harus melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran (kompetensi pedagogik). Dalam hal ini guru dituntut melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan di kelas, dan memanfaatkan hasil refleksi tersebut untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. Bila kegiatan refleksi ini dilakukan secara berkesinambungan akan dapat membantu meningkatkan profesionalisme guru.

Refleksi yang dilakukan tentunya berkaitan dengan tugas seorang guru, misalnya melakukan refeleksi setelah selesai melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Guru  dapat merefleksikan tentang metode atau model pembelajaran  yang sudah digunakan, dapat juga merefelskikan materi ajar yang disampaikan, dapat juga merefleksikan respon siswa. Refleksi dapat juga dilakukan guru pada saat kegiatan pembelajaran akan breakhir atau pada kegiatan penutup. Siswa diminta untuk memberikan komnetar dan tanggapan (refleksi) dari hasil pembelajaran yang barusan dilaksanakan. Komentar siswa ini dapat dilakukan secara lisan maupun secara tertulis.

Untuk dapat menjadi seorang guru yang reflektif dan dapat mengembangkan kompetensi inti sebagaimana disebutkan diatas, maka disarankan kepada setiap guru menyediakan buku jurnal refleksi pembelajaran. Melalui buku jurnal refleksi ini seorang guru menuliskan proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan, menuliskan kekuatan dan kelemahannya, mengevaluasi proses pembelajarannya, merumuskan langkah-langkah perbaikan, dan merencanakan pelaksanaan perbaikan.

Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut di atas kami berupaya menerbitkan Blog ini dengan nama " www.jurnalarungpalakka.blogspot.com "
sebagai wahana bagi kami khususnya rekan-rekan guru yanga ada di kabupaten Bone untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan kemampuan dan wawasan yang dimiliki dalam bentuk tulisan ilmiah.
Kami menyadari, bahwa Blog ini masih jauh dari kesempurnaan olehnya itu saran yang bersifat membangun senantiasa kami harapakan

Wassalam,



Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.