Sabtu, 12 Mei 2012

Petunjuk Penulisan

Petunjuk Penulisan

Informasi Umum
Jurnal Pendidikan Arupalakka terbit dengan frekuensi 3 (tiga) kali setahun setiap bulan Februari, Juni, dan Oktober. Jurnal Pendidikan Arupalakka hadir sebagai wadah publikasi artikel bagi para peneliti, guru, dan dosen dalam lingkup pendidikan.
 
Petunjuk Umum
1.Artikel dapat ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang baik dan benar. Artikel dapat berupa hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah, dan analisis serta pemecahan permasalahan dalam bidang pendidikan serta belum pernah dipublikasikan dalam jurnal atau majalah ilmiah lainnya.
2.Artikel harus ditulis pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm). Artikel ditulis tanpa nomor halaman dan disusun dengan urut-urutan topik bahasan: Pendahuluan, Metode Penelitian (atau Pengembangan Model), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (kalau ada), Daftar Notasi (jika ada) dan Daftar Pustaka. Abstrak ditulis sesuai dengan bahasa yang digunakan.
3.Artikel yang ditulis meliputi hasil pemikiran dan hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman , ukuran 12 pts, dengan spasi 2 , dicetak pada kertas A4 maksimum 25 halaman (no. hal kanan atas) dengan margin top 4; bottom 3; left 4 dan right 3 cm, dan diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 2 eksemplar beserta soft file. Berkas (soft file ) dibuat dengan Microsoft Word.
4.Pengiriman file juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: jurnalarupalakka@gmail.com
5.Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel 12 pts. Jika penulis terdiri dari 4 orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah nama penulis utama; nama penulis-penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki halaman pertama naskah 12 pts. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis dianjurkan mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.

Petunjuk Penulisan

1.Artikel ditulis dalam format esai , disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf besar-kecil di tengah-tengah, dengan huruf sebesar 12 pts spasi tunggal. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan subbagian dicetak tebal atau tebal dan miring ), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul baglan: PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI) Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri) Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)
2.Sistematika artikel hasil pemikiran adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 150 kata); kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); penutup atau kesimpulan; daftar rujukan.
3.Sistematika artikel hasil penelitian adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 150 kata) yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian; kata kunci (italic font); pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; metode; hasil; pembahasan; kesimpulan dan saran; daftar rujukan.
4.Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
5.Daftar rujukan/isu disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis spasi tunggal.

Pemuatan Artikel

Redaksi berhak menolak artikel yang dikirim apabila tidak relevan dengan bidang pendidikan, tidak up to date atau sudah pernah dipublikasikan dalam majalah ilmiah lainnya.

Artikel dikirimkan kepada :

Redaksi Jurnal Pendidikan Arupalakka
BTN Timurama 2 Blok 15 No.8
Jl. Sungai Musi Watampone Kabupaten Bone
E-mail  : jurnalarupalakka@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.