Minggu, 09 Oktober 2011

Pengertian Kompetensi

Kompetensi adalah terminologi yang sering didengarkan dan diucapkan banyak orang, khusunya dalam bidang yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Namun seringkali persepsi, pemahaman dan makna terminologi tersebut tidak sama atau saling dipertukarkan dengan terminologi lain. Kesamaan persepsi banyak orang adalah atribut yang melekat pada sumber daya manusia yang unggul atau berkualitas, atau sumber daya yang bekerja secara efektif. Oleh karenanya atribut tersebut terdiri dari persyaratan pengetahuan, keterampilan dan keahlian.

Agar memiliki persamaan persepsi, perlu ditelusuri konsep kompetensi. Terkait dengan hal tersebut, terdapat beberapa definisi dari para ahli mengenai kompetensi, antara lain:
1. Lyle Spencer & Signe Spencer (1993), kompetensi merupakan karakteristik dasar perilaku individu yang berhubungan dengan kriteria acuan efektif dan atau kinerja yang unggul di dalam pekerjaan.
2. Brian E. Becher, Mark Huslid & Dave Ulrich (2001), mendefiniskan kompetensi sebagai pengetahuan, keahlian, kemampuan atau karakteristik peribadi individu yang mempengaruhi secara langsung kinerja pekerjaan.
3. Marshall, kompetensi adalah karakteristik dasar dari seseorang yang memungkinkan memberikan kinerja unggul dalam pekerjaan, peran atau situasi tertentu (Boutler, 2003).
4. Margaret Dale (2003), kompetensi menggambarkan dasar pengetahuan dan standar kinerja yang dipersyaratkan agar berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan atau memegang suatu jabatan.
5. Badan Kepegawaian Negara (2003), mendefiniskan kompetensi sebagai kemampuan dan karakeristik yang dimiliki seseorang PNS yang berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap berprilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya, sehingga PNS tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, efektif dan efisien.

Dari berbagai definisi tersebut, secara garis besar kami mendefinisikan kompetensi merupakan suatu karakteristik dasar individu, seperti pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang dipersyaratkan atau sebagai acuan agar individu tersebut profesional, unggul, efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan atau memegang suatu jabatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.