Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila tujuan instruksional khusus (TIK) tersebut dapat tercapai (User Usman, 1993: 7)
Adapun fakta yang mempengaruhi hasil belajar adalah :
1. Faktor yang berasal dari diri sendiri (internal)
a. Faktor jasmaniah baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh yyang termasuk faktor ini adalah panca indera yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya sakit, cacat tubuh atau perkembangan tidak berfungsi, berfungsinya kelenjar tubuh yang membawa kelainan tingkah laku.
b. Faktor psikologis baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh yang terdiri atas:
1) Faktor intelektif yang meliputi fakta potensial yaitu kecerdasan dan bakat.
2) Faktor non intelektif yaitu unsur-unsur kepribadian tertentu seperti sikap, kebiasaan, minat kebutuhan, motivasi, emosi, dan penyesuaian diri
c. Faktor kematangan fisik maupun psikis
2. Faktor yang berasal dari luar diri (eksternal)
a. Faktor sosial yang terdiri atas:
b. Faktor budaya seperti adat istiadat, pengetahuan, teknologi dan kesesuaian
c. Faktor lingkungan fisik, seperti fasilitas rumah dan fasilitas belajar
d. Faktor lingkungan spiritual atau keagamaan.
Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar, selain faktor yang tersebut si atas, karakteristik siswa juga dapat mempengaruhi. Beberapa karakteristik siswa adalah:
1. Anak yang cepat dalam belajar
Anak yang cepat dalam belajar akan dapat menyelesaikan kegiatan belajar dalam waktu yang lebih cepat. Ia tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk memecahkan suatu masalah, karena lebih mudah dalam menerima pelajaran. Dalam kelompoknya anak-anak ini tergolong anak yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata
2. Anak yang lambat dalam belajar
kelompok anak yang lambat dalam belajar, pada umumnya lebih banyak membutuhkan waktu yang lebih aman dari waktu yang diperkirakan untuk anak-anak normal. Akibatnya anak-anak golongan ini sering ketinggalan dalam belajar
3. Anak yang kreatif
anak kreatif umumnya dari golongan cepat, namun ada juga dari golongan rata-rata (normal). Anak golongan ii menunjukkan kreativitas dalam kegiatan-kegiatan tertentu, misalnya melukis, kesenian, olah raga, organisasi dan kegiatan lainnya. Kelompok ini selalu ingin memecahkan masalah (persoalan-persoalan) lebih percaya diri dan bertanggung jawab. Bahkan kadang-kadang mampu menemukan sesuatu yang baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.