Senin, 10 Oktober 2011

Pengertian Belajar Menurut Para Tokoh

1. Pengertian belajar menurut Oemar Hamalik adalah :
Belajar adalah memodifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (Learning is a Varied as The Modification as Strengthening Behavior Though Experiencing). Menurut pengertian ini belajar adalah merupakan suatu proses, kegiatan dan bukan hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya menyangkut, akan tetapi lebih luas dari pada itu yakni menyelami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil (Oemar Hamalik, 1945: 36).
Menurut Slameto belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya. (Slameto, 1979: Hal. 2).
Menurut batasan di atas, titik berat pada pengertian belajar adalah terjadi p[perubahan tingkah laku yang perubahan itu terjadi akibat dari hasil pengalaman dan praktek. Adapun yang menjadi ciri setiap perubahan tingkah laku, ialah :
a. Tingkah laku yang dimotivasi
Seseorang yang mau berbuat sesuatu karena adanya tujuan yang hendak dicapai.
b. Tingkah laku yang bermotivasi adalah tingkah laku yang sedang terarah pada tujuan.
c. Tujuan yang didasari oleh seseorang mempengaruhi tingkah lakunya dalam upaya mencapai tujuan tersebut.
d. Lingkungan menyediakan kesempatan untuk bertingkah laku tertentu dan atau membatasi tingkah laku seseorang.
e. Tingkah laku dipengaruhi oleh proses-proses dalam organisme.
f. Tingkah laku ditentukan oleh kapasitas dari organisme manusia.
2. Pengertian belajar menurut beberapa aliran psikologi
Dalam sejarah perkembangan psikologi kita mengenal beberapa aliran psikologi, antara lain :
a. Belajar menurut psikologi klasik ialah suatu proses perkembangan dan latihan jiwa.
b. Belajar menurut psikologi daya ialah melatih daya-daya agar dapat berfungsi dengan baik.
c. Belajar menurut psikologi behaviorisms ialah membentuk hubungan stimulus – respon dengan latihan-latihan.
d. Belajar menurut psikologi kognitif ialah proses-proses pusat otak atau struktur kognitif (fakta dalam bentuk pemahaman dan pemecahan masalah).
e. Belajar menurut psikologi gestalt ialah akibat interaksi antara individu dengan lingkungan berdasarkan keseluruhan dan pemahaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.