Rabu, 16 November 2011

Download RPP Bahasa Arab MTs Kelas VII Semester II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran          : BAHASA ARAB
Kelas / Semester       : VII / 2
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         7.      MENYIMAK/ISTIMA'
                  Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang  بيتى
B.       Kompetensi Dasar
7.1    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang بيتي  dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mengamati Menyebutkan kembali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang  "rumahku"
§    Menyebutkan kem-bali kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang rumahku
§    Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan “rumahku dengan menggunakan kalimat berstruktur: khabar muqaddam,  mubtada’ mu’akkhar dan kata sifat

D.       Materi Pembelajaran
§    Benda-benda rumah, meliputi: ruang-ruang dan isinya, halaman, kebun/taman  rumah dll( bisa ditambahkan: isim mufrod dan jamak taksir)
E.        Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang بيتى
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang بيتى
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang بيتى (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang بيتى (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang بيتى (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan بيتى (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VII
§    Kaset tentang lingkungan rumah
§    Media audio visul lain
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
§  Menyebutkan kembali kata-kata/kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
§  Mengidentifikasi makna-makna/ arti dari kata-kata / kalimat yang telah didengar
§  Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
Tes tulis

Tes Lisan
Uraian


Uraian
§  Buatlah kalimat dengan menggunakan kalimat berstruktur: khabar muqaddam,  mubtada’ mu’akkhar dan kata sifat !

Mengetahui
Kepala Madrasah



...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab



..........................................
NIP.


Selengkapnya Silakan Download DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.